Sabtu , 19 Agustus 2017
Home > Tutorial Server > Tutorial apache part 1 : Install Mysql
install mysql ummigo

Tutorial apache part 1 : Install Mysql

Install Mysql

Install mysql merupakan langkah pertama saat membuat server apache sendiri . Sudah sering menggunakan applikasi server yang ada? saatnya coba buat sendiri karena untuk update sedikit tidak perlu download semua lagi , keuntungannya kita bisa update mysql , apache , php dan phpmyadmin sendiri . Selain itu kita bisa paham bagaimana server itu saling terhubung seperti apache dengan php dan mysql dengan phpmyadmin .

Pertama sekali kita buat dulu direktori server kita , dalam contoh ini saya membuat folder dengan nama es pada local disk D . didalam es (biar server dingin :P) kita bikin tiga folder dulu yaitu mysql , apache dan php .

Selanjutnya download mysql terbaru dev.mysql.com/downloads/mysql

Download Mysql

Saat artikel ini di buat mysql terbaru versinya adalah 5.7.12 jadi kita akan install mysql 5.7.12 ataupun versi terbaru yang ada saat anda membaca artikel ini . Pilih zip archive yang sesuai dengan versi os anda 32 bit atau 64 bit
Extract semua file zip hasil download pada direktori D:\es\mysql .

Rename file my-default.ini didalam folder mysql menjadi my.ini kemudian edit di notepad atau text editor lainnya dan setting lokasi basedir dan datadir lalu save setelah anda isikan seperti code berikut.

basedir merupakan lokasi dimana anda ingin install mysql dan didalamnya terdapat file mysql yang anda download

datadir merupakan folder yang akan di pakai nantinya untuk menyimpan database , lokasi folder bisa di mana saja sesuai keinginan anda dan nama folder bebas. sebelum memulai instalasi pastikan folder datadir sudah tersedia.

buka cmd atau command prompt pada windows dan arahkan pada bin mysql

berikut contoh penggunaan cmd tersebut:

change dir

Setelah itu tuliskan perintah untuk menginstall

Jika tidak ada error terjadi, mysql sudah bisa kita coba

tuliskan syntax berikut ini

Password dapat anda lihat pada folder datadir misal sdata dengan extensi .err

Lihat pada bagian [Note] A temporary password is generated for root@localhost:123 dimana bagian 123 adalah password yang digenerate mysql . Setelah itu anda akan di beri tahu bahwa password expired dan diminta membuat password baru . Anda bisa mencoba beberapa query pada console untuk memastikan mysql telah berhasil di instal.

install mysql

 

Part 1 : Mysql 5.7 Part 2 : Apache 2.4 Part 3 : PHP 7 Part 4 : Phpmyadmin
Seluruh artikel tutorial di ummigo.com telah dicoba sebelum dipublish . Jika anda ingin memposting kembali di blog atau website anda , harap mencantumkan sumbernya yaitu www.ummigo.com sekedar menghargai waktu dan tenaga penulis.Terima kasih

 

Tentang ummigo

Penulis berstatus tamatan smk dengan jurusan otomotif , pernah menjadi seorang montir mobil kemudian beralih profesi menjadi admin di sebuah server yang membuat penulis tertarik dengan dunia IT. Saat ini penulis sedang menyelesaikan skripsi untuk menamatkan pendidikan S1 dan penulis merupakan CEO dari Ummigo.com dan admin di hosting PHP indonesia.

Lihat juga

Tutorial Virtual host Apache dan Nginx

Virtual Host Virtual host adalah sebuah metode untuk mengelola multi domain sehingga memudahkan kita untuk …