Sabtu , 10 Juni 2017
Home > Tutorial Server > Tutorial apache part 3 : Install PHP
install php ummigo

Tutorial apache part 3 : Install PHP

Install PHP

Install PHP merupakan langkah ketiga setelah kita menginstal Mysql dan Apache , saat saya mencoba membuat server sendiri , memasang PHP paling mudah dan cepat di banding install mysql dan apache. Mungkin karena tidak perlu menggunakan cmd untuk menginstalnya .

Saat saya menulis artikel ini, php terbaru adalah PHP 7.0.6 anda bisa memilih PHP versi anda sendiri tapi saya sarankan menggunakan php versi yang terbaru karena biasanya terdapat perbaikan setiap updatenya. Langsung saja download ke http://windows.php.net/download.

Pada menu download terdapat pilihan , sesuaikan dengan versi OS anda 32 bit ataupun 64 bit dan download versi Thread Savenya seperti gambar berikut:

Download PHP

Setelah anda download , Extract semua file kedalam folder php yang telah kita siapkan sebelumnya saat install mysql. Buka direktori php tersebut dan pindahkan semua file icu .dll kedalam folder bin apache seperti berikut

icu .dll

Buka httpd.conf lokasinya berada dalam folder conf apache , Pada baris akhir syntax tambahkan syntax berikut ini

Setelah itu kembali ke folder php dan rename php.ini-development menjadi php.ini dan buka dengan text editor cari extension_dir dan include_path isikan lokasi folder ext dan include anda,saya membuat sebuah folder includes di dalam folder php yang akan digunakan nantinya. berikut contohnya :

Didalam folder root dimana saat tutorial install apache folder root saya adalah albertz tambahkan sebuah file index.php dan isikan syntak berikut :

kemudian buka localhost jika berhasil menginstall php tampilan localhost akan seperti pada gambar berikut ini:

Install PHP

Sangat mudah bukan untuk membuat server sendiri, selanjutnya kita buat tiga buah file cmd yang berfungsi untuk start stop dan restart server caranya bikin start.txt kemudian rename txt menjadi cmd seperti gambar berikut

 

service cmd

pertama start.cmd isikan syntax berikut:

stop.cmd isikan syntax berikut

restart.cmd isikan syntax berikut

sesuaikan direktori dengan dimana filenya berada , dengan begitu kita telah membuat shortcut untuk menjalakan server.

berikut gambar localhost yang running dengan menggunakan server sendiri:

 

localhost ummigo

Part 1 : Mysql 5.7 Part 2 : Apache 2.4 Part 3 : PHP 7 Part 4 : Phpmyadmin
Seluruh artikel tutorial di ummigo.com telah dicoba sebelum dipublish . Jika anda ingin memposting kembali di blog atau website anda , harap mencantumkan sumbernya yaitu www.ummigo.com sekedar menghargai waktu dan tenaga penulis.Terima kasih

Tentang ummigo

Penulis berstatus tamatan smk dengan jurusan otomotif , pernah menjadi seorang montir mobil kemudian beralih profesi menjadi admin di sebuah server yang membuat penulis tertarik dengan dunia IT. Saat ini penulis sedang menyelesaikan skripsi untuk menamatkan pendidikan S1 dan penulis merupakan CEO dari Ummigo.com dan admin di hosting PHP indonesia.

Lihat juga

Tutorial Virtual host Apache dan Nginx

Virtual Host Virtual host adalah sebuah metode untuk mengelola multi domain sehingga memudahkan kita untuk …