Kamis , 14 Desember 2017
Home > Tutorial Server > Tutorial Virtual host Apache dan Nginx

Tutorial Virtual host Apache dan Nginx

Virtual Host

Virtual host adalah sebuah metode untuk mengelola multi domain sehingga memudahkan kita untuk setting website saat develop mode. Semisal saat develop kita memakai url http://localhost/facebook/ banyak kemungkinan kita akan mengatur ulang beberapa konfigurasi saat di publish , Kenapa tidak mencoba membuat virtual host atau vhost sendiri menjadi facebook.com pada localhost?

Selain itu dengan virtual host kita bisa membuat folder website di luar folder root semisal htdocs atau www. Umumnya kita menginstal server itu di lokal disc C:\ namun drive tersebut sangat rentan dari masalah sebaiknya jangan biarkan file2 penting anda ada disana .

Pengaturan Os

  • Pertama kita buat dulu direktori file kita pada disk D dengan nama folder Website ,anda bebas mengganti nama folder dan lokasi drive.
  • Selanjutnya di dalam folder website kita membuat folder baru dengan nama facebook.com , nama folder bebas hanya dengan nama seperti itu memudahkan untuk mengetahui folder ini untuk website yang mana .
  • Buka file hosts yang berada pada folder C:\Windows\System32\drivers\etc pada baris akhir tambahkan 127.0.0.1 facebook.com kemudian save, dengan cara ini facebook.com akan di akses dengan ip 127.0.0.1 alias localhost dan tidak ada hubungannya file hosts dengan nama folder

Pengaturan server Apache

 

Xampp

  • Buka dan edit file httpd.conf lokasi file C:\xampp\apache\conf
    pastikan Include conf/extra/httpd-vhosts.conf tidak ada tanda # di depannya
  • Buka dan edit httpd-vhosts.conf lokasi file C:\xampp\apache\conf\extra
    Isikan dengan syntax berikut:

 

Wamp

  • Buka dan edit file httpd.conf lokasi file C:\wamp\bin\apache\apache2.4.9\conf
    pastikan Include conf/extra/httpd-vhosts.conf tidak ada tanda # di depannya
  • Buka dan edit httpd-vhosts.conf lokasi file C:\wamp\bin\apache\apache2.4.9\conf\extra
    Isikan dengan syntax berikut:

ServerName localhost diperlukan agar anda masih bisa mengakses localhost

Setelah selesai jangan lupa restart apache baik itu xampp maupun wamp.

untuk menambah domain baru yang pertama di lakukan adalah menambah domain di file hosts selanjutnya tinggal menambahkan di file httpd-vhosts.conf seperti vhost facebook.com.

Ampps

  • Buka url http://localhost/ampps/ pilih Add Domain.

ampps virtual host

 

  • Selanjutnya Konfigurasi sesuai keinginan anda dan virtual host siap digunakan.

ampps add domain ummigo
Pada tulisan Access Denied: You dont have permissions to edit hosts file muncul karena ampps tidak dapat izin untuk merubah file hosts ini bisa di atasi dengan menghilangkan centang read only pada properties hosts file dan memberi akses administrator pada properties ampps.exe

Pengaturan server nginx

Sejujurnya… nginx tidak mengenal virtual host alias vhost hanya ada domain-enabled , domain-disabled
Buka folder nginx > conf > domain-enabled kemudian bikin file baru semisal facebook.conf

Edit file tersebut dan isikan code berikut:

jika anda menggunakan index.html ganti fastcgi_index index.php; dengan fastcgi_index index.html;

selanjutnya restart server nginx atau apache dan virtual domain facebook.com siap di gunakan seperti contoh pada gambar berikut:

ummigo facebook.com

ummigo lover punya kritik dan saran atau mengalami kendala saat mengikuti tutorial ini? bisa tulis dikomentar post ini .

Seluruh artikel tutorial di ummigo.com telah dicoba sebelum dipublish . Jika anda ingin memposting kembali di blog atau website anda , harap mencantumkan sumbernya yaitu www.ummigo.com sekedar menghargai waktu dan tenaga penulis.Terima kasih

Tentang ummigo

Penulis berstatus tamatan smk dengan jurusan otomotif , pernah menjadi seorang montir mobil kemudian beralih profesi menjadi admin di sebuah server yang membuat penulis tertarik dengan dunia IT. Saat ini penulis sedang menyelesaikan skripsi untuk menamatkan pendidikan S1 dan penulis merupakan CEO dari Ummigo.com dan admin di hosting PHP indonesia.

Lihat juga

install mysql ummigo

Tutorial apache part 1 : Install Mysql

Install Mysql Install mysql merupakan langkah pertama saat membuat server apache sendiri . Sudah sering …